Ingin Tahu Perbedaan Mobil Matic dan Manual? Perhatikan Hal Ini

Mobil adalah alat transportasi yang mulai digemari dan diimpikan oleh setiap orang. Selain dapat terhindar dari panas dan hujan, mobil juga menawarkan kenyamanan ketika berkendara. Ada dua jenis mobil dilihat dari transmisinya, yakni mobil matic dan manual. Lalu, apa saja perbedaan mobil matic dan manual? Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Mobil Matic dengan Mobil Transmisi Manual

Mobil Matic Lebih Mudah Untuk Dioperasikan

1. Cara perawatannya

Cara merawat mobil matic ternyata berbeda dengan mobil manual. Sebagai contoh adalah pada AC mobil. Pada mobil manual, Anda bisa melakukan perawatan mandiri, sedangkan pada mobil matic, Anda memerlukan bantuan dari teknisi spesialis AC mobil. Jadi, dari segi perawatan, mobil matic memerlukan lebih banyak biaya daripada mobil manual.

2. Akselerasinya

Akselerasi pada mobil transmisi manual lebih baik daripada mobil matic. Sistem transmisi pada mobil matic jauh lebih rumit dan kurang responsif daripada mobil manual. Hal ini lah yang membuat mobil balap pada umumnya menggunakan transmisi manual. Mobil manual mempunyai transmisi yang lebih responsif sehingga akselerasinya menjadi lebih cepat.

3. Cara mengoperasikannya

Perbedaan yang paling terlihat antara mobil matic dan mobil transmisi manual adalah dari cara pengoperasiannya. Pada mobil manual terdapat tiga buah pedal, yakni rem, gas, dan kopling, sedangkan pada mobil matic hanya ada dua pedal saja, yaitu gas dan rem. Mobil manual memang lebih rumit. Namun, ketika Anda sudah bisa menguasai mobil manual, untuk mempelajari mobil matic tidak terlalu membutuhkan waktu yang cukup lama.

4. Bahan bakarnya

Biasanya mobil matic akan lebih boros dalam hal bahan bakarnya daripada mobil manual. Borosnya bahan bakar ini disebabkan karena mobil matic memiliki mesin yang lebih berat daripada mobil manual. Selain itu, putaran mesin pada mobil matic juga tidak dapat diatur layaknya mobil manual.

5. Tingkat kenyamanannya

Secara garis besar, mobil matic memang memiliki tingkat kenyamanan berkendara yang lebih baik daripada mobil transmisi manual. Hal ini dikarenakan ketika mengendarai mobil matic hanya ada dua pedal, yakni gas dan rem saja. Pada mobil manual, terdapat tiga pedal yang membuat pengemudi harus lebih berkonsentrasi.

Jadi, apakah Anda sudah mengerti perbedaan antara mobil matic dan manual? Tentu saja masing-masing memiliki plus minusnya masing-masing. Yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan mana yang lebih cocok dengan Anda.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *