Perbandingan Vivo Y19 & Xiaomi Redmi Note 8

Pada tahun 2019 pasar smartphone kelas menengah di Indonesia semakin bersaing, karena smartphone asal Tiongkok berlomba-lomba meluncurkan produk-produk terbarunya. Seperti Vivo Y19 dan Xiaomi Redmi Note 8. Sama-sama mengusung smartphone canggih harga terjangkau, kedua smartphone ini memiliki harga yang hampir sama. Harga Vivo Y19 saat pertama kali diluncurkan ke pasar Indonesia sekitar Rp 2.999.000. Sedangkan, Xioami Redmi Note 8 sekitar Rp 2.899.000 untuk varian RAM 6 GB. Namun, pada tahun 2021 baik harga Vivo Y19 maupun harga Xiaomi Redmi Note 8 mulai turun harga di pasarannya. Apabila anda ingin membeli salah satu smartphone tersebut, berikut adalah perbandingannya.

Desain & Display

Vivo Y19 menggunakan finishing glossy dan dipadukan pattern vertikal yang cukup unik. Vivo Y19 ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Magnetic Black dan Spring White. Layar Vivo Y19 mengandalkan Ultra All-Screen dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,53 inci yang disematkan teknologi panel IPS dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 395 piksel per inci. Sayangnya, tidak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass di smartphone ini. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 8 tampil menarik dengan casing belakang bergradasi dengan finishing glossy yang menggunakan material kaca Corning Gorilla Glass 5. Redmi Note 8 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Neptune Blue, Moonlight White, dan Space Black. Xiaomi Redmi Note 8 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 19,5:9 dengan dukungan layar sentuh waterdrop atau poni minimalis berukuran 6,3 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan
resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci yang cemerlang. Layar Xiaomi Redmi Note 8 sudah dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

Performa

Vivo Y19 menggunkan dapur pacu MediaTek Helio P65 MT6768 yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2. Vivo Y19 juga didukung dengan menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka Funtouch OS 9.2. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 8 menggunakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 665 AIE SDM665 yang mengusung prosesor octa-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, 4GB atau 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610 yang powerful. Xiaomi Redmi Note 8 menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI 10.

Kamera

Vivo Y19 mengusung AI Multi-Mode Camera dan menawarkan empat fungsi pada tiga lensa kamera belakang yang dapat dieksplorasi oleh penggemar smartphone fotografi, yaitu 16 MP Main Camera, 8MP AI Super Wide-Angle dengan fitur bokeh, serta 2 MP Macro Camera. Pada kamera depan beresolusi 16 MP dan sudah didukung fitur cerdas AI Face Beauty, AI Make Up dan Pose Master. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 8 memiliki empat kamera belakang. Kamera utama beresolusi 48 MP dengan sensor Samsung ISOCELL GM2. Lalu, tiga kamera lainnya beresolusi 8 MP ultra wide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP depth sensor. Kamera depan Redmi Note 8 beresolusi 13 MP dan ada dukungan teknologi AI.

Baterai

Vivo Y19 ini dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar dari Redmi Note 8, yakni 5000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Tak hanya itu, Vivo Y19 juga dibekali dengan fitur Dual Engine fast charge dengan daya 18W. Vivo Y19 dibekali kemampuan reverse charging atau dapat difungsikan sebagai power bank untuk mengisi gadget lain dalam kondisi darurat. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 8 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya dan telah mendukung fitur Qualcomm Quick Charge 3.0 dengan daya hingga 18W yang mampu mengisi penuh baterai dalam 2 jam saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *