Fitur Canggih Sistem Keamanan Gedung yang Mendukung Manajemen Produksi

Sistem keamanan gedung di masa sekarang ini telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Tidak hanya terdapat kombinasi antara sistem keamanan dengan sistem digital saja, bahkan juga bisa dihubungkan dengan sebuah data analisis yang mendukung aktivitas di dalamnya.

Komponen sistem keamanan ini dibuat oleh Hikvision yang bernama HikCentral Enterprise, memiliki berbagai produk seperti, sensor, beserta sistem pendukung keamanan lainnya yang terintegrasi. Banyak sekali fitur yang digunakan dalam sistem keamanan gedung ini, termasuk mampu meningkatkan efisiensi dari berbagai system.

Nah, apa saja fitur yang diberikan HikCentral Enterprise untuk mengontrol sistem keamanan gedung agar aman dan terkendali?

https://www.pexels.com/id-id/foto/arsitektur-baja-bangunan-desain-374103/

Revolusi Sistem Keamanan

Sebelum menjawab fitur yang diberikan oleh HikCentral Enterprise, akan lebih baik Anda tahu adanya revolusi yang sangat signifikan dalam bidang keamanan. Dalam sistem keamanan konvensional, tindakan yang diambil hanya dalam bentuk pencegahan dan tindakan keamanan saja.

Berbeda dengan sistem keamanan masa kini, dimana adanya sistem yang terintegrasi antara sistem keamanan dengan manajemen kendali. Sistem ini menggunakan berbagai teknologi canggih yang berbasis digital, bahkan menggunakan logaritma yang bisa membantu Anda dalam menganalisis berbagai masalah.

Agar lebih jelas dalam memahami bagaimana sistem keamanan yang canggih tersebut, berikut beberapa fitur yang disediakan oleh HikCentral Enterprise.

1. Fitur Keamanan Commercial

Sistem keamanan yang digunakan dalam fitur ini bertujuan untuk mengintegrasikan semua komponen keamanan dalam satu sistem kendali. Komponen keamanan tersebut meliputi berbagai letak konfigurasi kamera CCTV outdoor maupun indoor di berbagai area. Mulai dari tempat parkir hingga peletakannya di dalam gedung.

Adanya sistem pengendali ini juga terintegrasi dengan sumber input dan output alarm, memetakan hot spot area dari sebuah sensor panas, dan lain sebagainya. Salah satu fungsi dari sensor hotspot ini mampu mengidentifikasi adanya api, jumlah pengunjung, dan lain sebagainya.

Fitur commercial ini bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan agar lebih terintegrasi, mulai dari pencegahan, hingga tindakan yang lebih efektif.

Ditambah lagi HikCentral Enterprise menggunakan bantuan AI, sehingga bukan hanya dari sisi pengamanan saja, tapi juga memberikan solusi yang komprehensif secara end to end.

Dari mulai masuk gedung, system entry dan exit, kamera ANPR, hingga panduan tempat parkir (Parking Guidance). Dengan adanya parking guidance ini dapat meningkatkan efisiensi waktu dan kemudahan dalam melakukan management kendaraan.

Tidak hanya itu, HikCentral Enterprise Commercial juga menawarkan solusi untuk Human Access Management, dari mulai Visitor Management, akses untuk tenant maupun akses dan kehadiran untuk karyawan pekerja dengan berbagai autentifikasi.

2. Fitur Keamanan Retail

Fitur keamanan yang kedua ini tidak hanya membantu pengusaha ritel dalam memperkuat sistem keamanannya saja. Ada fungsi lain yang bisa dimanfaatkan dalam sistem ini, yaitu peningkatan efektivitas dan efisiensi ritel, sehingga mampu meningkatkan kunjungan pelanggan.

Pertanyaannya, bagaimana sebuah sistem keamanan mampu meningkatkan jumlah pelanggan?

Sistem keamanan yang dibangun oleh HikCentral Enterprise ini menggunakan Bantuan AI pada suatu alat. HikCentral Enterprise membantu bukan hanya dari sisi pengamanan, tapi dapat memberikan solusi yang komprehensif secara end to end untuk meningkatkan efisiensi dan strategi yang tepat untuk industri retail saat ini.

Selain titik panas Hikvision juga mempunyai solusi untuk meningkatkan daya jual suatu produk, yaitu dengan menggunakan strategi proactive marketing, dengan menggunakan kamera CCTV dengan fitur customer analysis serta diintegrasikan dengan customers data VIP.

Sensor seketika dapat mendeteksi pelanggan datang ke suatu toko. Kemudian petugas atau karyawan toko mendapatkan notifikasi bahwa ada pelanggan VIP datang. Karyawan toko bisa memberikan informasi hot item, promo, atau dapat juga meningkatkan service kepada VIP customers.

Selain itu CCTV dengan fitur customers analysis juga dapat secara otomatis mengambil data pelanggan yang masuk ke toko. AI dapat mengenali mana petugas, karyawan, atau pelanggan. Hal ini dapat membantu kita mendapatkan data pelanggan yang presisi untuk dapat menentukan strategi-strategi lain.

Ada juga fitur yang hanya ada di HikCentral Enterprise Retail, yaitu berupa Remote Audit. Hikvision memberikan solusi remote audit untuk memenuhi keluhan customers yang merasa kurang efektif dengan system audit tradisional.

3. Fitur Keamanan Industri

Fitur selanjutnya dalam sebuah sistem keamanan yang canggih ini tidak hanya membantu dalam menjaga sebuah gedung dari tindakan kejahatan, kebakaran, dan lain sebagainya. lebih dari itu, sistem ini mampu membantu sebuah industri dalam manajemen manufaktur dan logistik.

Bisa dikatakan, sistem yang terintegrasi dalam fitur ini menggunakan teknologi yang mampu melakukan berbagai aktivitas yang membantu produksi. Seperti pelacakan paket, manajemen dermaga, skenario AR, manajemen AI, dan lain sebagainya.

Kembali pasti ada pertanyaan mengapa sebuah sistem keamanan bisa melakukan berbagai aktivitas logistik seperti ini?

Tentunya hal ini bisa dijawab dengan adanya sebuah sistem kendali artificial intelligence yang digunakan. Software yang ditawarkan Hikvision ini, ada teknologi citra yang mampu membaca sistem algoritma sebuah kode. Sehingga sangat memungkinkan untuk membaca setiap barcode dari produk yang dibuat.

Karena itulah sistem keamanan ini mampu menjawab persoalan logistik yang ada di dalam gedung.

Selain itu, sistem ini juga mampu merekam dan mengidentifikasi sidik jari, wajah, dan juga mata. Dengan teknologi ini, tentunya sistem mampu mengontrol aktivitas karyawan yang masuk atau keluar gedung. Biasanya sistem ini digunakan untuk absensi karyawan.

4. Fitur Keamanan Pendidikan

Penerapan fitur keamanan dalam dunia pendidikan juga berevolusi semakin canggih. Adanya integrasi yang terpadu antara keamanan dan juga kontrol akan memberikan suasana belajar yang lebih nyaman dan juga cerdas.

Adanya fitur ini tentunya bisa memberikan jawaban terhadap berbagai permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan. Seperti adanya bullying antar siswa, ketidakdisiplinan siswa, dan lain sebagainya.

Sistem keamanan seperti ini menjadi sebuah tindakan yang nyata terhadap problem pendidikan masa kini. Sehingga akan meningkatkan dunia pendidikan lebih signifikan dan membantu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Hikvision tidak hanya menyediakan berbagai produk hardware seperti rekomendasi CCTV saja. Software dengan teknologi yang sangat canggih juga disediakan untuk membantu meningkatkan sistem keamanan dan efisiensi dari berbagai sistem lainnya dalam dunia pendidikan.

Itulah berbagai fitur sistem keamanan gedung yang disediakan oleh Hikvision. Semua kebutuhan keamanan dan peningkatan manajemen di dalam gedung pastinya akan lebih efektif dan efisien dengan sistem ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *